5 Beasiswa Kuliah Dalam Negeri yang Wajib Anda Ketahui

Belajarkeren.com – Beasiswa kuliah merupakan salah satu privilege yang diimpikan oleh semua mahasiswa. Bukan tanpa alasan, dengan adanya beasiswa ini dapat meringankan beban keuangan selama menjalani studi di perkuliahan. Bahkan kini tidak sedikit lembaga pendidikan yang memberikan beasiswa sampai ke uang jajan setiap bulannya. Menarik bukan?

Nah jika Anda berminat untuk mencari beasiswa kuliah untuk menempuh pendidikan S1, di bawah ini akan kami kupas habis mengenai 5 jenis beasiswa kuliah gratis dalam negeri yang dapat Anda coba untuk mendaftar.

5 Beasiswa Kuliah Dalam Negeri Gratis

Beasiswa kuliah gratis sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas tentang 5 jenis beasiswa dalam negeri saja yang tidak kalah menariknya.

1.     Beasiswa Bank Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan jenis bantuan pendidikan yang satu ini? Beasiswa ini ditawarkan secara resmi oleh Bank Indonesia untuk semua mahasiswa di jenjang S1 dari berbagai Perguruan Tinggi. Jenis beasiswa yang satu ini banyak diminati karena menyediakan fasilitas yang lengkap.

Beasiswa kuliah Bank Indonesia akan mendukung biaya pendidikan, biaya tunjangan studi, hingga biaya hidup. Tidak hanya itu, beasiswa Bank Indonesia juga memberikan berbagai pelatihan secara berkala, terarah dan terencana yang berguna untuk meningkatkan kompetensi individu.

2.     Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-K merupakan jenis beasiswa pengganti bidikmisi. Beasiswa untuk lulusan SMA 2022 yang satu ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki keterbatasan secara ekonomi tetapi memiliki keinginan yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Untuk S1 hanya diberikan selama 8 semester yang diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan. KIP-K sangat cocok untuk Anda yang bertekad untuk melanjutkan pendidikan tetapi terbatas secara finansial. Tidak tanggung-tanggung biaya yang akan diterima mencapai 4,2 juta per semester.

3.     Beasiswa Bank BCA

Tidak hanya terdepan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam masalah keuangan, Bank BCA juga turut serta dalam membantu pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan beasiswa kuliah dari Bank BCA ini termasuk ke dalam bantuan pendidikan swasta terbesar di Indonesia.

Beasiswa ini khusus untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang memiliki prestasi. Nantinya penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan berupa uang saku bulanan, fasilitas seperti shuttle bus, dorm, makan siang, buku, hingga laptop.

4.     APERTI BUMN

Jenis beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang satu ini memang masih jarang didengar. Namun ternyata beasiswa ini menawarkan bantuan yang menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik untuk meneruskan pendidikan S1 di Perguruan Tinggi yang berada di bawah naungan APERTI BUMN, beasiswa ini wajib Anda coba.

Ada beberapa Perguruan Tinggi yang masuk ke dalam APERTI BUMN seperti BRI Institute, Telkom University, Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia, Politeknik Pos Indonesia, dan Institut Teknologi PLN.

5.     Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa kuliah yang selanjutnya adalah dari Djarum Foundation. Untuk mahasiswa yang berprestasi, Anda bisa mencoba daftar beasiswa yang satu ini. Bantuan yang diberikan pun cukup menarik, penerima beasiswa akan mendapatkan dana sebesar 1 juta rupiah setiap bulan selama 1 tahun.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menerima pembekalan soft skill lainnya yang tidak kalah membantu. Beasiswa ini selalu dibuka tiap tahun sehingga Anda bisa bebas mendaftarnya kapan saja. Menarik bukan?

4 Cara Mendaftar Beasiswa Kuliah

Nah untuk membantu Anda daftar beasiswa kuliah dengan mudah, berikut ini akan kami berikan 4 tips daftar beasiswa yang ampuh agar diterima. Yuk simak cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di bawah ini.

  • Up to date di situs resmi lembaga pendidikan yang memberikan bantuan beasiswa
  • Siapkan persyaratan secara lengkap dan matang
  • Latihan soal jika sewaktu-waktu diminta untuk tes
  • Siapkan essay yang menarik

Nah itulah berbagaI informasi yang dapat kami berikan untuk Anda yang hendak mendaftar beasiswa kuliah. Apakah kini Anda sudah siap untuk untuk mendaftarkan diri menjadi penerima beasiswa guna meringankan beban pendidikan di Perguruan Tinggi?

Leave a Comment