8 Universitas Terbaik di Indonesia versi Peringkat QS WUR

Buat kamu yang kerap bingung mau kuliah dimana selepas lulus dari SMA/MA/SMK, maka Belajarkeren.com kali ini bakal menyajikan pilihan universitas terbaik di Indonesia sesuai dengan peringkatnya di World University Ranking (WUR).

Peringkat Quacquarelli Symonds

WUR merupakan sebuah peringkat yang dibuat oleh Quacquarelli Symonds disingkat QS. Lembaga ini didirikan pada 1990 oleh Nunzio Quacquarelli di Inggris.

QS ini dipercaya oleh berbagai kalangan untuk memeringkat universitas-universitas di seluruh dunia. Daftar peringkatnya kemudian banyak dijadikan rujukan untuk menentukan prestise dan tentu saja pilihan bagi para orang tua untuk menguliahkan anaknya.

Lembaga ini melakukan pemeringkatan dengan melihat berbagai indikator. Dari ribuan universitas di seluruh dunia, QS melihat empat indikator dari masing-masing universitas tersebut sehingga mendapatkan skor sebagai indikator peringkat.

Hasil skor dari indikator itu diperoleh melalui wawancara langsung terhadap pengelola universitas, masyarakat luas, serta informasi dari media.

Empat Indikator Peringkat Universitas

Empat indikator itu antara lain Academic Indicators, Employer Indicators, Student Indicators, dan International Indicators. Berikut penjabarannya.

Academic Indicators

Indikator ini berbasis kondisi akademik dari universitas tersebut. Beberapa diantaranya yakni reputasi akademik, H Index alias sebuah indeks yang mengukur produktivitas karya ilmiah dan dampaknya terhadap masyarakat luas, kualitas dan kuantitas fakultas, dan terakhir gelar serta latar belakang pendidikan dari para pengajar.

Employer Indicators

Indikator ini merupakan sebuah ukuran untuk melihat dampak dari universitas tersebut terhadap dunia kerja. Ukuran ini juga melihat apakah alumni dari universitas ini terserap oleh dunia kerja.

Student Indicators

Kalau indikator ini melihat apakah jumlah dari staf dengan mahasiswa mempunyai rasio yang sehat. Dan indikator lainnya adalah adanya keterlibatan para mahasiswanya dengan pertukaran mahasiswa tingkat internasional.

International Indicators

Kalau tadi hanya mahasiswanya saja yang dituntut untuk go international, dalam indikator ini juga berlaku terhadap dosen untuk menginternasional. Pertukaran dosen atau beasiswa dosen di univeritas luar negeri membuat indikator ini bisa meningkat.

Sekarang dari ratusan lembaga pendidikan tinggi dan universitas di Indonesia, ada berapakah yang masuk dalam radar Quacquarelli Symonds sehingga masuk dalam daftar dan berjajar dengan ribuan universitas dari seluruh dunia? Ini daftar 8 besarnya untuk tahun 2021.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada yang terletak di Yogyakarta ini berada di urutan 254 pada tahun 2021 atau naik dari yang sebelumnya berada pada peringkat 320 pada tahun 2020. UGM mendapatkan skor keseluruhan 37,4.

Universitas yang berdiri pada 19 Desember 1949 dimana sebuah lembaga pendidikan tinggi tertua dan terbesar di Indonesia ini sekarang memiliki 18 fakultas, 68 program studi sertifikasi, 23 program diploma, 104 program studi master dan spesialis, serta 43 program studi doktoral.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia mengalami penurunan peringkat, yang meski tak signifikan, namun membuatnya harus rela ada di posisi 305. UI mendapatkan skor keseluruhan sebesar 34.

Universitas yang berada di Depok, Jawa Barat ini memiliki 12 fakultas yang juga menawarkan studi pasca sarjana, dimana 57 program studi master dan 29 program studi doktoral.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mencetak para insinyur di Indonesia. Tahun 2021 skornya berada di posisi 313, sedikit meningkat dibanding tahun kemarin yang berada di angka 331.

Lembaga pendidikan tinggi yang pernah berubah nama menjadi Kogyo Daigaku pada masa penjajahan Jepang ini mendapatkan skor total 33,3. Yang paling tinggi disumbang oleh indikator Faculty Student.

4. Universitas Airlangga (Unair)

Ya, Surabaya menempatkan salah satu wakilnya di daftar QS WUR. Universitas yang berdiri persis pada peringatan Hari Pahlawan Nasional ini, yakni pada 10 November 1954 berada di urutan 321-530. Urutan yang tidak pas ini disebabkan ada beberapa universitas yang mendapatkan skor yang sama.

Skor yang diperoleh Unair ini berada di angka 24,3. Nah, buat para warga Jawa Timur, tentu Unair bisa menjadi pilihan favorit untuk kuliah dengan beragam pilihan program studi.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor memiliki ‘nasib’ yang sama dengan Unair, yakni peringkatnya berada diantara 531-540. Skor ini naik dari tahun sebelumnya yang berada di posisi 601-650. IPB mendapatkan skor total 17,6.

IPB merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mendapat peringkat pertama di Asia Tenggara untuk urusan kelengkapan program studi di bidang agrikultur. Beragam program studi seperti studi tumbuhan, peternakan, kehutanan, perikanan, dan seterusnya bisa kamu pilih di sini.

6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Satu lagi kampus kebanggaan warga Surabaya, yakni Institut Teknologi Sepuluh November. ITS mendapatkan ranking di angka 751-800. Terjadi kenaikan peringkat dari sebelumnya yang berada di angka 801-1000. Lembaga pendidikan tinggi ini mendapatkan total skor 18,1.

Kampus kebanggaan warga Surabaya ini memiliki tujuh fakultas yang membawahi 33 program sertifikasi, enam program studi vokasi, 20 program master, 15 program doktoral, dan 20 International Undergraduate Prgrams (IUP).

7. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara merupakan satu-satunya universitas dengan status swasta yang berada di daftar ini. Peringkatnya berada di angka 801-1000 dengan total skor yang bahkan tidak dicantumkan oleh QS.

Di Asia, Binus berada di peringkat 227. Sehingga universitas yang berada di Jakarta ini bisa menjadi pilihan kamu ketika memilih kampus swasta.

8. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Di daftar yang terakhir, namun bukan yang paling akhir dari keseluruhan daftar kampus yang masuk ke QS WUR, adalah Universitas Padjadjaran alias Unpad. Kampus ini memiliki peringkat yang sama dengan Binus, yakni di posisi 801-1000. Sebelumnya Unpad justru berada di posisi 751-800.

Universitas yang berlokasi di Jatinangor, Sumedang , Jawa Barat, ini merupakan kampus yang cukup tua. Unpad berdiri pada 1957. Sehingga pengalaman mereka dalam dunia pendidikan tinggi bisa menjadi pertimbangan kamu untuk masuk kesini.

Demikian 8 universitas di Indonesia yang masuk kedalam daftar QS WUR 2021.

3 thoughts on “8 Universitas Terbaik di Indonesia versi Peringkat QS WUR”

  1. Keren belajar keren keren banget ya cukup keren infonya. Ternyata punya tolok ukur sendiri ya , nggak sembarangan memberi nilai sebuah University atau kampus…

    Reply

Leave a Comment