Tentang Jurusan Data Science dan Deretan Kampus Terbaiknya

Belajarkeren.com – Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak kemajuan dari berbagai bidang. Salah satunya kemajuan dalam bidang pendidikan. Kini telah hadir jurusan baru yang belum dikenal oleh masyarakat luas yaitu data science. Jurusan data science atau sains data masih awam di kalangan pelajar sehingga peminatnya masih jarang.

Namun ternyata jurusan baru ini memiliki prospek kerja yang cerah dan menjanjikan di masa depan. Nah untuk mengetahui apa itu jurusan data science, prospek kerja, dan deretan universitas yang memiliki jurusan ini, yuk simak ulasan lengkapnya.

Pengertian dan Prospek Kerja Jurusan Data Science

Belajarkeren.com – Jurusan S1 data science Indonesia merupakan sebuah program studi yang mempelajari tentang ilmu pengolahan dan interpretasi data. Proses pengolahan ini menggunakan formula statistika, bahasa pemrograman, dan tools lainnya yang sesuai.

Dalam mempelajari data science, Anda akan menemukan data yang terstruktur seperti data keuangan, dan data demografi. Ada pula data yang tidak terstruktur seperti foto, video, media sosial, email, dan lain sebagainya. Dalam jurusan ini Anda akan mempelajari banyak hal terutama dalam bidang pemrograman yang digunakan untuk penggalian data.

Meskipun begitu, prospek kerja lulusan jurusan data science ini cukup menjanjikan dan banyak dicari oleh perusahaan besar. Bahkan pekerjaan yang akan Anda geluti nantinya memiliki bayaran atau gaji yang tinggi. Adapun beberapa prospek kerja lulusan data science seperti berikut ini.

  • Data engineer
  • Data analyst
  • Data scientist

Sejatinya pekerjaan di bidang ini cukup beragam, tetapi ketiga prospek kerja lulusan sains data diatas merupakan jenis pekerjaan yang paling banyak dicari oleh perusahaan dengan gaji yang fantastis. Nah apakah Anda sekarang sudah tertarik untuk belajar magister data science? Selanjutnya ini kami akan mengupas habis tentang universitas terbaik mana saja yang menyediakan program studi data science, yuk langsung simak ulasannya.

Universitas Terbaik yang Memiliki Jurusan Data Science

Untuk bekerja sebagai data scientist, maka Anda harus masuk ke jurusan yang berkaitan yaitu program studi data science. Jika Anda masih bingung akan masuk ke universitas mana, maka Anda wajib menyimak ulasan di bawah ini.

1.     Universitas Bina Nusantara

Universitas swasta yang dikenal dengan sebutan BINUS ini menghadirkan jurusan data science dengan kurikulum terbaik. Disini Anda bisa mempelajari berbagai pengetahuan tentang Big Data dan bagaimana menganalisis data serta melakukan problem solving terkait data yang dibahas. Jurusan data science BINUS ini cukup terkenal karena telah menghasilkan lulusan yang sukses.

2.     Universitas Airlangga

Tidak kalah dari BINUS, Unair juga hadir dengan jurusan sains data yang memiliki banyak peminat. Saat belajar disini nantinya Anda bisa masuk ke 4 jenis peminatan seperti kesehatan, finansial dan bisnis, sosial dan komunikasi, serta industri. Peminatan ini bertujuan agar Anda bisa mempelajari data science secara mendalam dan terfokus.

3.     Universitas Teknologi Yogyakarta

Bagi Anda yang tinggal di sekitar Yogyakarta dan minat untuk melanjutkan pendidikan ke program studi data science, Universitas Teknologi Yogyakarta bisa menjadi pilihan terbaik. Bahkan universitas ini masuk ke dalam jajaran kampus teknologi terbaik yang ada di Indonesia dengan kurikulum yang hebat. Nantinya Anda akan mempelajari berbagai hal tentang data mining, big data, analisis data, dan sebagainya.

4.     Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan telah hadir untuk S1 dan S2 jurusan data science Indonesia sejak tahun 2019 lalu. Berada di bawah naungan fakultas Teknik Informatika, membuat jurusan yang satu ini tidak pernah sepi peminat. Anda akan mempelajari tentang visualisasi data, statistika, matematika, data mining, dan juga pemrograman.

Nah itulah informasi lengkap yang telah kami suguhkan untuk Anda tentang jurusan data science. Meskipun masih awam di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi jurusan ini menjanjikan karir yang baik sehingga tidak boleh Anda lewatkan untuk dipertimbangkan saat hendak masuk ke perguruan tinggi.

Leave a Comment