Geosfer: Pengertian, Etimologi, dan Macamnya

Belajarkeren.com Hallo, sobat Belajarkeren, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu materi dalam ruang lingkup pelajaran Geografi, yakni geosfer.

Pada artikel kali ini kita akan berkenalan dengan pengertian geosfer, sifat geosfer, dan bentuk fisik dari geosfer. Sehingga kamu bisa membedakan mana istilah geosfer secara umum, dan mana bagian dari geosfer secara khusus.

Pengertian

Geosfer adalah bagian dari bumi yang terdiri atas lapisan-lapisan fisik dan non-fisik yang terdapat makhluk hidup di dalamnya yang hidup dari mengambil sebagian besar dari makanan, mineral, serta bahan bakar.

Secara etimologi, geosfer berasal dari bahasa Yunani, yakni geos yang artinya bumi dan fer atau sfera yang artinya permukaan.

Geosfer merupakan lapisan yang terletak di permukaan bumi dan memiliki peran vital, baik secara langsung maupun tidak, dalam menunjang kehidupan di dalam bumi.

Secara umum ada lima macam lapisan atau lingkungan yang menyusun geosfer:

  1. Litosfer yaitu lingkungan kulit bumi atau kerak bumi.
  2. Atmosfer yaitu lingkungan udara.
  3. Hidrosfer yaitu lingkungan perairan.
  4. Biosfer yaitu lingkungan makhluk hidup.
  5. Antroposfer yaitu lingkungan manusia.

Macam-Macam Geosfer

Litosfer

Litosfer merupakan lapisan batuan yang menjadi kenampakan permukaan bumi baik di daratan maupun lautan. Litosfer berasal dari kata lithos yang berarti batuan dan sphere yang artinya lapisan.

Litosfer ini terdiri dari daratan sering disebut litosfer atas, yang mencakup kurang lebih 35%. Sisanya merupakan lautan yang sering disebut litosfer bawah.

Litosfer sendiri tersusun dari oksigen, silikon, aluminium, besi, kalsium, natrium, dan magnesium. Aspek litosfer yaitu meliputi batuan, tanah, gunung dan pegunungan, dataran tinggi, bukit dan perbukitan, dataran rendah dan bentuk muka bumi dasar laut.

Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan udara bumi sebagai lapisan udara, unsur pembentuk atmosfer terdiri dari banyak gas, contohnya nitrogen dengan presentase terbesar yakni 70%, oksigen sebesar 20% dan lainnya.

Secara etimologi atmoser berasal dari kata atmos yang berarti uap atau udara dan sphere atau sphaira yang berarti lapisan atau bola. Struktur atmosfer yaitu meliputi troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer.

Hidrosfer

Hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi permukan bumi, baik air tawar, air payau, maupun air laut. Air yang berada diatas permukaan bumi jumlahnya tetap, namun mengalami siklus atau daur hidrologi.

Hidrosfer berasal dari bahasa Inggris, yakni hydro yang berarti air dan sphere yang berarti lapisan. Hidrosfer meliputi perairan laut dan samudera, air permukaan di daratan, air tanah dan air yang terdapat di atmosfer.

Biosfer

Biosfer merupakan bagian dari geosfer yang terletak pada troposfer, litosfer, dan hidrosfer yang penuh dengan kehidupan. Biosfer berasal dari kata bio yang berarti kehidupan dan sphere yang berarti lapisan.

Biosfer merupakan tempat hidup flora dan fauna. Faktor-faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna di antaranya adalah iklim (klimatik), tanah (edafik) dan mahluk hidup (biotik).

Antroposfer

Antroposfer dibedakan dari biosfer. Sebab antroposfer lebih khusus membahas tentang fenomena kehidupan manusia dan lingkungan sosialnya. Kajiannya berputar pada habitat manusia yang tinggal di perkotaan, pedesaan, maupun pengaruh mereka pada lingkungan.

Secara etimologi antroposfer berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas antropos yang berarti manusia dan sphere yang berarti lapisan. Antroposfer kadang disebut juga teknosfer.

Leave a Comment