7 Jurusan Prospek Kerja Bagus di Masa Depan

Belajarkeren.com – Melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi tentunya harus dipikirkan secara matang tidak hanya dari segi biaya saja, tetapi jurusan prospek kerja bagus yang akan Anda ambil pun harus dipertimbangkan dengan baik. Program studi yang Anda pilih nantinya akan berpengaruh untuk masa depan Anda.

Dalam menentukan jurusan kuliah yang cocok, Anda harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari minat, bakat, hingga kemampuan yang dimiliki. Bukan tanpa alasan, jika Anda mengambil jurusan yang pas maka nantinya Anda pun akan mudah mencerna setiap materi yang diberikan dan Anda akan nyaman belajar di jurusan tersebut.

Salah satu pengaruh yang akan dihasilkan dari jurusan kuliah ini adalah prospek kerja di masa depan. Jika Anda masih bingung menentukan jurusan prospek kerja bagus 2021, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang 7 jurusan dengan prospek kerja yang cerah untuk 10 hingga 20 tahun mendatang.

7 Jurusan Prospek Kerja Bagus untuk 10 Hingga 20 Tahun Lagi

Di Indonesia sendiri terdapat ratusan program studi yang menjanjikan untuk masa depan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 7 rekomendasi jurusan prospek kerja bagus. Penasaran apa saja ulasannya? Let’s check this out!

1.     Teknik Informatika

Jurusan prospek kerja bagus di masa depan yang pertama adalah teknik informatika. Semakin berkembangnya teknologi maka jurusan ini akan semakin dibutuhkan apalagi untuk 20 tahun mendatangkan. SDM yang ahli dalam bidang teknologi akan sangat dibutuhkan sehingga memiliki prospek kerja yang cerah.

2.     Teknik Robotika

Sejalan dengan teknik informatika, program studi teknik robotika juga akan sangat dibutuhkan di masa depan. Menurut penelitian, di masa depan robot akan lebih banyak digunakan untuk membantu kegiatan manusia. Oleh karena itu pekerjaan ini sangat dibutuhkan untuk membuat robot atau Artificial Intelligence yang nantinya akan digunakan.

3.     Pendidikan Dokter

Pendidikan dokter menjadi salah satu jurusan pendidikan yang prospek kerjanya bagus. Seperti yang kita ketahui bahwa tenaga medis sangat dibutuhkan baik itu di masa sekarang ataupun di masa depan. Jadi tidak ada alasan lagi kenapa pendidikan dokter tidak menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang menjanjikan.

4.     Ilmu Komunikasi

Saat ini sudah banyak bermunculan industri kreatif atau startup yang menjanjikan keuntungan tinggi. Nah dalam bidang ini tenaga ahli di bidang komunikasi sangat dibutuhkan. Lulusan ilmu komunikasi sangat berguna untuk public speaking, membuat iklan, fotografi, membuat desain, dan menulis konten yang banyak diminati.

5.     Ilmu Ekonomi

Baik itu sekarang ataupun nanti, jurusan prospek kerja bagus yang satu ini tidak akan padam dan akan terus dibutuhkan. Lulusan program studi ilmu ekonomi dapat mempengaruhi perekonomian dan bisnis yang ada di dunia, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk masuk ke jurusan ilmu ekonomi yang satu ini.

6.     Bisnis Digital

Jurusan prospek kerja bagus selanjutnya adalah bisnis digital yang merupakan rumpun dari ilmu terapan untuk merancang suatu bisnis digital. Nantinya alumni dari jurusan ini diharapkan mampu menguasai bidang marketplace dan startup digital. Pekerjaan ini akan sangat menguntungkan di masa depan seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam bisnis online.

7.     Cyber Security

Jurusan cyber security merupakan cabang dari ilmu komputer dan teknologi. Jurusan ini banyak mempelajari bagaimana cara melakukan proteksi di bidang industri. Tentunya sumber daya masyarakat yang bergelut di bidang ini akan dibutuhkan untuk menjaga data perusahaan atau pemerintah di masa depan.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya bahwa pekerjan dan jurusan kuliah akan saling berkaitan. Sehingga Anda harus mempertimbangkan jurusan prospek kerja bagus yang tepat dengan mempertimbangkan minat, bakat, dan cita-cita yang diinginkan. Bagaimana menurut Anda?

Kalau Anda tetap memilih jurusan lainnya dibandingkan tujuh jurusan diatas, dan memilih mengabdi pada negara. Maka Anda cocok untuk bergabung di sekolah kedinasan saja.

Leave a Comment