Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013

Hallo, rekan-rekan guru dan siswa SMA sobat Belajarkeren.com. Artikel kali ini merupakan salah satu isi dari Kurikulum 2013 tentang Bahasa Inggris. Yakni Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMA/MA Kurikulum 2013.

Buat yang sedang mencarinya, silakan disalin dan dibagikan kepada mereka yang sama-sama membutuhkan.

Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar

Sebelumnya, apa itu Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar? Berikut penjelasannya.

Kompetensi Isi

Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkatan kelas atau program yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dinyatakan telah menyelesakan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Ruang lingkup materi yang spesifik untuk setiap mata pelajaran dirumuskan berdasarkan

Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan. Keempat dimensi tersebut dirancang sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran, atau program dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi yang berkaitan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching), yaitu pada saat peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi Inti kelompok 4).

Standar Isi untuk muatan peminatan kejuruan pada SMK/MAK setiap program keahlian diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah.

Pencapaian Kompetensi Inti dan penguasaan ruang lingkup materi pada setiap mata pelajaran untuk setiap kelas pada tingkat kompetensi sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu ditetapkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Di dalam setiap rumusan Kompetensi Dasar, terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.

Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.

Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, dan ciri suatu mata pelajaran.

Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris

Berikut ini Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMA/MA Kurikulum 2013 yang didapat dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kelas X

Kompetensi IsiKompetensi Dasar
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.2. 1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, responsif, dan proaktif dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi mengenai terjadinya permasalahan yang terkait dengan lingkungan alam (banjir, tsunami, gempa, dst) dalam bentuk explanation text.

2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, responsif, dan proaktif dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi mengenai terjadinya permasalahan yang terkait dengan lingkungan sosial (tawuran/konflik antar warga, kemiskinan, kebodohan,dst) dalam bentuk explanation text.

2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli, responsif, dan proaktif dalam mengolah, menalar, dan mengajukan solusi untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang terkait dengan lingkungan alam dalam bentuk hortatory text.

2.4 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, peduli, responsif, dan proaktif dalam mengolah, menalar, dan mengajukan solusi untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang terkait dengan lingkungan sosial dalam bentuk hortatory text.

2.5 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan cinta damai dalam mengungkapkan pokok pikiran dengan menggunakan berbagai idiom, peribahasa, dan bahasa puitis yang bersumber dari puisi berbahasa Inggris.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.3.1 Memahami cara menyajikan explanation text mengenai terjadinya permasalahan yang terkait dengan lingkungan alam (banjir, tsunami, gempa, dst).

3.2 Menganalisis explanation text mengenai terjadinya permasalahan yang terkait dengan lingkungan sosial (tawuran/konflik antar warga, kemiskinan, kebodohan,dst).

3.3 Memahami cara menyajikan hortatory text untuk solusi dalam mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang terkait dengan lingkungan alam.

3.4 Menganalisis hortatory text untuk solusi dalam mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang terkait dengan lingkungan sosial.

3.5 Menganalisis pokok pikiran dalam berbagai idiom, peribahasa, dan bahasa puitis yang bersumber dari puisi berbahasa Inggris.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan4.1 Menangkap gagasan utama sebuah explanation text dan menyajikan informasi mengenai terjadinya permasalahan yang terkait dengan lingkungan alam (banjir, tsunami, gempa, dst) dalam bentuk explanation text.

4.2 Menghasilkan informasi dalam explanation text yang koheren mengenai terjadinya permasalahan yang terkait dengan lingkungan sosial (tawuran/konflik antar warga, kemiskinan, kebodohan,dst).

4.3 Menangkap gagasan utama sebuah hortatory text dan mengajukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan lingkungan alam dalam bentuk hortatory text.

4.4 Menghasilkan hortatory text yang koheren untuk solusi dalam mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang terkait dengan lingkungan sosial.

4.5 Mengungkapkan pokok pikiran dengan menggunakan berbagai idiom, peribahasa, dan bahasa puitis yang bersumber dari puisi berbahasa Inggris.

Demikian Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 yang bisa saya tuliskan. Silakan temukan materi tentang kurikulum lainnya di menu pencarian atau ke pranala kurikulum berikut.

Leave a Comment