Pengertian dan Contoh Sekolah Kedinasan di Indonesia

Belajarkeren.com – Hallo, sobat Belajarkeren, kali ini kita akan berkenalan dengan berbagai sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Artikel ini cocok buat Anda yang sedang mencari rekomendasi sekolah kedinasan.

Bagi pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pastinya sering dibuat bingung akan memilih perguruan tinggi atau sekolah kedinasan. Kedua lembaga pendidikan ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang dapat Anda sesuaikan dengan minat, bakat, dan cita-cita di masa depan.

Nah bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan, tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini akan membahas informasi lengkap terkait apa itu sekolah kedinasan, kelebihan sekolah kedinasan, hingga 5 rekomendasi sekolah kedinasan terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan.

Pengertian Sekolah Kedinasan

Sebelum membahas lebih jauh tentang sekolah kedinasan, apakah Anda tahu apa itu lembaga pendidikan yang satu ini? Sekolah Tinggi Kedinasan atau yang biasa dikenal dengan sebutan Perguruan Tinggi Kedinasan merupakan perguruan tinggi negeri yang dikelola secara resmi dan khusus oleh instansi pemerintah yang menyelenggarakan pendidikan. Secara tidak langsung lembaga pendidikan yang satu ini disebut Sekolah Ikatan Dinas karena programnya yang dikelola pemerintah.

Ikatan Dinas menjadi salah satu idaman para pelajar di Indonesia karena menjanjikan prospek kerja yang menarik dan terjamin. Lalu, apa saja keunggulan sekolah kedinasan? Yuk simak informasi yang akan kami kupas habis selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Harus Daftar Sekolah Kedinasan?

Agar lebih meyakinkan Anda untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah dinas, kami akan memberikan 8 alasan kenapa harus daftar sekolah kedinasan. Dan berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  • Di bawah lembaga pemerintahan atau kementerian sehingga fasilitas sekolah lebih terjamin secara akademik dan juga operasionalnya
  • Rata-rata biaya studinya gratis bahkan sudah mendapat gaji
  • Fasilitas lengkap seperti adanya asrama, Wi-Fi gratis, perpustakaan, laboratorium, gedung serbaguna, lapangan indoor dan outdoor, hingga poliklinik dan sebagainya
  • Relasi dari seluruh Indonesia
  • Prospek kerja jelas karena biasanya lulusan sekolah kedinasan akan langsung menjadi ASN yang ditempatkan di Instansi Pemerintahan Pusat
  • Kurikulum terjamin
  • Memiliki pengajar yang profesional di bidangnya
  • Banyak pilihan sekolah kedinasan di Indonesia

Nah setelah mengetahui apa saja kelebihan Ikatan Dinas, apakah Anda sudah semakin yakin untuk daftar sekolah kedinasan? Jika Anda masih bingung daftar ke sekolah dinas mana, di bawah ini akan kami berikan 5 rekomendasi sekolah kedinasan terbaik yang ada di Indonesia.

5 Rekomendasi Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia

Di Indonesia terdapat sejumlah lembaga pendidikan ikatan dinas yang berkualitas dengan tenaga pengajar yang ahli. Namun di bawah ini akan kami ringkas menjadi 5 rekomendasi sekolah kedinasan yang dapat Anda pertibangkan.

1.     Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau PKN STAN dan sering disebut STAN saja banyak digemari oleh pelajar Indonesia karena dianggap memiliki kurikulum dan tenaga pendidik yang berkualitas sehingga mampu menjamin masa depan yang cerah. Tidak heran banyak calon mahasiswa yang ingin masuk kesini.

STAN menjadi sekolah kedinasan terfavorit dan memiliki sejumlah jurusan seperti Manajemen, Kebendaharaan, Akuntansi, Pajak, dan jurusan lainnya yang berhubungan dengan keuangan. Sekolah kedinasan ini dikelola langsung oleh Kementerian Keuangan RI.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistika

Tidak jauh berbeda dari STAN, Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau STIS berada di bidang statistika, data, komputer, dan matematika. Sekolah ini dikelola langsung oleh Badan Pusat Statistik sejak tahun 1958, menjadikan STIS cukup diminati oleh pelajar di Indonesia. Bahkan kehadirannya menjadi saingan untuk STAN.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara

Bagi Anda yang menyukai hal-hal di bidang siber dan sandi, sebaiknya masuk ke sekolah kedinasan di Indonesia yang satu ini. Politeknik Siber dan Sandi Negara atau PSSN yang dulunya bernama STSN hanya memiliki dua program studi yaitu Manajemen Persandian dan Teknik Persandian. Unik bukan?

Lulusan sekolah kedinasan ini akan mengisi berbagai jabatan di kementerian dan lembaga di Indonesia yan terkait dengan persandian dan dunai siber. Utamanya tentu saja akan masuk ke Lembaga Sandi Negara.

4.     Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah yang terletak di Sentul, Bogor ini dikelola oleh Badan Intelijen Negara. STIN memiliki dua program studi yang dapat Anda pilih seperti Agen dan Analisa. STIN sangat cocok untuk Anda yang berminat di bidang intelijen.

5.     Akademi Militer

Siapa yang tidak kenal dengan sekolah kedinasan ini? Tentunya semua orang ingin belajar di Akmil. Bukan tanpa alasan, Akmil memiliki citra yang baik bahkan salah satu presiden di Indonesia yaitu Presiden SBY pernah bersekolah disini.

Akmil merupakan sekolah kedinasan buat Anda yang pengin berkarir di dunia militer. Sebab lulusan dari sekolah tinggi ini akan menghuni berbagai jabatan strategis di lembaga militer yang ada di Indonesia.

Dari kelima rekomendasi sekolah kedinasan di atas, apakah Anda sudah menentukan pilihan akan daftar kemana? Pastikan untuk mengikuti kata hati dan juga kemampuan sebelum akhirnya daftar ke sekolah dinas yang diinginkan.

Leave a Comment