Universitas: Pengertian, Jenis, dan Contohnya di Indonesia

Nama universitas pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Setiap orang tua pasti memiliki impian anaknya bisa bersekolah sampai pada jenjang ini. Bahkan tidak sedikit juga anak-anak di Indonesia yang bermimpi untuk bisa menyelesaikan kuliahnya.

Pemerintah Indonesia memiliki peraturan mengenai wajib belajar 12 tahun yang hingga kini terus dilaksanakan oleh masyarakat yaitu sampai tamatan SMA. Namun semakin banyak orang yang sadar akan pendidikan, mereka berusaha untuk bisa ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas.

Apa itu universitas? Apa saja yang akan didapatkan oleh seseorang yang belajar pada tingkatan pendidikan ini? Sebelum memutuskan untuk belajar di pendidikan lebih tinggi dengan sistem berbeda dari SMA, kenali dulu apa pengertiannya.

Pengertian Universitas

Definisi dari jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari SMA ini menurut KBBI adalah terdiri dari sejumlah fakultas dengan sejumlah disiplin ilmu. Pendidikan ilmiah diajarkan dan diorganisir dengan profesional.

Jadi bisa diartikan bahwa universitas memiliki sejumlah fakultas di mana fungsinya adalah menyelenggarakan Pendidikan Akademik atau Sekolah Vokasi. Ada berbagai bidang ilmu yang diajarkan seperti teknologi, ilmiah hingga seni.

Sebagai salah satu jenis perguruan tinggi, ada dua pendidikan yang bisa didapatkan pada tingkatan ini yaitu Pendidikan Akademik dan pendidikan Vokasi. Apa yang dimaksud dengan pendidikan akademik adalah sebuah sistem yang mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan disiplin ilmu seperti teknologi, pengetahuan dan juga seni.

Dalam pendidikan Akademi sendiri terdapat tiga jenis program yang ditempuh secara berurutan yaitu pendidikan Sarjana atau S1. Tingkatan kedua adalah Master atau Magister yaitu S2 dan terakhir adalah pendidikan Doktor atau S3.

Setiap lulusan dari jenjang tersebut akan mendapatkan gelar sesuai dengan jenis ilmu yang dipelajari. Misalnya saja untuk lulusan S1 Ekonomi maka gelar yang didapatkan adalah S.E atau Sarjana Ekonomi.

Apabila dicermati dari rumpun ilmu yang diajarkan di tingkatan ini maka jumlahnya sangat banyak dibandingkan perguruan tinggi lainnya. Ada ilmu agama dengan rumpun ilmu syariah, ilmu penerangan agama dan masih banyak lainnya. Ada juga humaniora dengan rumpun ilmu seperti sejarah, bahasa, filsafat dan lainnya.

Di Indonesia bahkan di dunia ada dua jenis perguruan tinggi yakni perguruan tinggi negeri dan swasta. Di mana perguruan tinggi negeri adalah sekolah nasional yang didirikan dan didanai oleh pemerintah. Sedangkan perguruan tinggi swasta didirikan oleh swasta bisa juga perguruan tinggi asing.

Tujuan Didirikannya Universitas

Semua jenjang pendidikan yang didirikan pasti memiliki tujuan masing-masing dan yang utama adalah memperkaya intelektual manusia. Dalam Undang-Undang di Indonesia juga disebutkan mengenai tujuan didirikannya pendidikan tinggi.

Beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa supaya menjadi manusia beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Diharapkan juga memiliki akhlak mulia, berilmu dan sehat sehingga kreatif demi kepentingan bangsa.
  2. Supaya banyak lulusan yang ahli dalam hal ilmu pengetahuan hingga teknologi agar dapat meningkatkan daya saing bangsa.
  3. Menghasilkan ilmu pengetahuan serta teknologi melalui penelitian serta menerapkan nilai humaniora yang tujuannya demi kemajuan bangsa dan manusia.
  4. Mewujudkan pengabdian untuk masyarakat berdasarkan penalaran serta karya penelitian demi kesejahteraan umum.

Ada juga fungsi didirikannya universitas yaitu yang pertama adalah untuk mengembangkan dan membentuk kemampuan serta watak demi peradaban bangsa bermartabat. Juga sebagai wujud untuk mencerdaskan bangsa.

Kedua adalah untuk mengembangkan civitas akademika yang kreatif, karambol, memiliki daya saing serta kooperatif melalui Tridharma. Ketiga adalah mengembangkan ilmu pengetahuan serta teknologi dengan penerapan nilai humaniora.

Ditilik dari tujuan dan fungsinya, perguruan tinggi menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih spesifik lagi. Selain itu bukan hanya untuk kemampuan individual mahasiswa tetap juga bagi bangsa.

Pengertian Fakultas, Program Studi dan Jurusan

Mempelajari tentang universitas tentu tidak terlepas dari komponen yang membentuknya. Ada tiga hal yang terdapat di dalamnya yaitu fakultas, program studi dan juga jurusan. Pengertian dari ketiganya adalah sebagai berikut:

Fakultas

Mengenal fakultas bisa dimulai dari sebuah bidang ilmu yang hendak dipelajari. Misalnya saja ilmu sosial dan politik atau ilmu pemerintahan. Ada juga ilmu hubungan internasional serta sosiologi. Semua itu termasuk dalam jenis fakultas.

Jadi fakultas sendiri adalah bagian dari pendidikan tinggi yang fungsinya mempelajari ilmu tersebut secara spesifik. Setiap perguruan tinggi bisa memiliki beberapa fakultas dan setiap fakultas memiliki beberapa jurusan. Fakultas dijalankan atau dipimpin oleh seorang dekan.

Jurusan

Seperti yang telah dijelaskan bahwa jurusan adalah komponen universitas yang berada di bawah naungan Fakultas. Masing-masing jurusan akan memiliki mata kuliah sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari.

Jurusan juga mempelajari cabang ilmu dari sebuah fakultas. Misalnya saja Humaniora maka ada jurusan sastra, bahasa, filsafat dan lainnya. Semuanya adalah bidang keilmuan khusus yang bisa dipelajari lebih dalam.

Program Studi

Berada di dalam bagian dari sebuah jurusan yang melaksanakan pendidikan akademik, profesi hingga vokasi. Ada beberapa bidang ilmu pengetahuan tertentu yang disediakan oleh program studi dan lebih spesifik lagi.

Contohnya saja untuk jurusan ilmu komunikasi, maka ada pilihan program studi seperti periklanan dan jurnalistik.

Mengenal Pendidikan Tinggi Lain Non-Universitas

Jenis pendidikan tinggi di Indonesia bukan hanya universitas saja. Ada beberapa jenis pendidikan tinggi lainnya seperti Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik. Apa beda fakultas, Institut, dan Sekolah Tinggi? Untuk fakultas juga termasuk ke beberapa jenis perguruan tinggi berikut.

Institut

Merupakan perguruan tinggi yang memiliki beberapa fakultas baik pendidikan akademik dan vokasi. Hanya saja jenis fakultas di institut adalah satu jenis keilmuan. Contohnya saja Institut Teknologi Bandung yang memiliki fokus pada sains dan teknologi.

Sekolah Tinggi

Perguruan tinggi yang hanya memiliki satu jenis fakultas yang dibagi ke dalam beberapa jurusan. Baik pendidikan akademik dan vokasi juga diajarkan.

Politeknik

Perguruan tinggi yang fokusnya pada pendidikan vokasi saja di mana mahasiswa dididik untuk langsung memiliki kemampuan profesional dan mengembangkannya.

Akademi

Perguruan tinggi yang mirip dengan politeknik dengan rumpun ilmu tertentu seperti seni atau teknologi.

Contoh Universitas Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui perbedaan perguruan tinggi, maka sudah sangat jelas di manakah posisi dari sebuah universitas.Bagi yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi maka harus mempertimbangkan rumpun ilmu serta jenis yang ingin dipelajari.

Ada beberapa contoh universitas di Indonesia yang mendapatkan peringkat terbaik versi QS World University Ranking. Tentu saja karena menjadi yang terbaik, maka untuk bisa masuk pun dibutuhkan usaha yang keras.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  4. Universitas Airlangga (Unair)
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
  7. Universitas Bina Nusantara (Binus)
  8. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Berencana memilih salah satu dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia ini? Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik karena setiap perguruan tinggi menerapkan sistem tes masuk, khususnya untuk Sarjana.

Leave a Comment