Teks Deskripsi: Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Belajarkeren.com – Hallo, sobat Belajarkeren, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu materi dalam ruang lingkup pelajaran Bahasa Indonesia, yakni teks deskripsi.

Teks deskripsi kerap dipakai untuk menggambarkan secara lebih jelas sebuah objek maupun peristiwa. Untuk lebih jelasnya, marilah kita berkenalan dengan teks deskripsi lebih lengkap.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf atau teks yang mana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang menjadi topik utama. Melalui teks deskripsi pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Teks ini sering dipakai dalam laporan bebas yang dimaksudkan untuk mengungkapkan terjadinya peristiwa, tempat, maupun sosok tertentu. Sehingga siapapun yang membaca teks ini bisa memiliki pemahaman yang sama atas topik yang dibicarakan.

Teks deskripsi dikenal memiliki untaian kata yang runut dan detail. Isinya menggambarkan secara lebih jelas seperti warna, kondisi cahaya, bau, ukuran, bentuk, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki struktur yang terdiri atas tiga bagian, yakni identifikasi, deskripsi bagian, dan klasifikasi.

Identifikasi merupakan struktur teks deskripsi yang menjadi penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya. Kemudian klasifikasi Penyusunan bersistem dalam kelompok menurutkaidah atau standar yangtelah ditetapkan. Dan terakhir deskripsi bagian maksudnya adalah adalah bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Deskripsi Orang

  1. Deskripsi Keadaan Fisik – Deskripsi fisik bertujuan memberi gambaran yang sejelas-jelasnyatentang keadaan tubuh seseorang. Biasanya deskripsinya banyak bersifat objektif.
  2. Deskripsi Keadaan Sekitar – Deskripsi keadaan sekitar adalah penggambaran keadaan yangmengelilingi sang tokoh, misalnya penggambaran aktivitas-aktivitasnyayang dilakukan, pekerjaan atau, tempat kediaman, dan kendaraan, yangikut menggambarkan watak seseorang.
  3. Deskripsi Watak atau Tingkah Perbuatan – Deskripsi watak atau tingkah perbuatan adalah penggambaranwatak (karakter) seorang tokoh yang biasanya melalui penggambarantingkah perbuatannya.
  4. Deskripsi Gagasan-gagasan Tokoh – Deskripsi ini tidak dapat diserap oleh pancaindra, tetapi unsur fisikmempunyai hubungan yang sangat erat. Pancaran wajah, pandanganmata, gerak bibir, dan gerak tubuh merupakan petunjuk tentang keadaan perasaan seseorang pada waktu itu.

Deskripsi Tempat

Deskripsi tempat ini merupakan penggambaran dari sebuah tempat secara detail, runut, dan menyeluruh. Makanya ketika menulis teks deskripsi, maka hendaklah menyusun strukturnya secara padu.

Untuk mendeskripsikan tempat, hendaknya memperhatikan suasana hati, bagian yang relevan, dan urutan penyajiannya.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini merupakan contoh teks deskripsi:

Pantai Tambak Raya atau kini disebut Pantai Pataya merupakan salah satu pantai yang ada di Indramayu. Pantai ini berlokasi di Desa Tambak, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu atau sekitar 2 kilometer dari pusat kota.

Pantai Pataya memiliki karakteristik pantai di wilayah pantura, yakni ombaknya tak terlalu besar, pasirnya hitam dengan beragam kerang putih yang terlihat jelas.

Seperti pantai lainnya di Indramayu, Pantai Pataya ini ditumbuhi banyak kelapa, cemara, dan bakau. Untuk kebutuhan makan dan minum pengunjung, warga setempat juga menyediakannya lengkap dengan tenda-tenda kecil sebagai tempat berteduh.

Leave a Comment