Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Jenis, dan Contohnya

Belajarkeren.com Hallo, sobat Belajarkeren, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu materi dalam ruang lingkup pelajaran Bahasa Indonesia, yakni teks eksposisi.

Teks eksposisi ini sering dipakai dalam penyusunan laporan, sebab jenis teks ini memang menyajikan fakta yang runut dan terstruktur. Lantas apa pengertian dan contoh dari teks ini?

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang berisi tentang sebuah informasi yang dapat berupa gagasan pendapat maupun fakta dengan logis dan terstruktur.

Tujuan dari teks ini adalah untuk dapat memberikan sebuah informasi, fakta, dan juga pengetahuan tentang suatu hal yang saling bertautan kepada pembaca.

Ada beberapa ciri dari teks eksposisi yang perlu diketahui. Berikut diantaranya:

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
  • Gaya informasi yang mengajak.
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan,dimana, mengapa, bagaimana.
  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu.
  • Gaya bersifat informatif.
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi.
  • Singkat, padat, dan akurat.
  • Berusaha menjelaskan sesuatu.
  • Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi.
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasayang baku.
  • Tak memihak, yang berarti tak memaksakankemauan penulis pada pembaca.
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alatkontritasi.

Struktur Teks Eksposisi

Selain dari cirinya yang bisa diketahui, teks eksposisi juga bisa tampak dari strukturnya yang memakai beberapa hal berikut ini.

Teks eksposisi selalu memakai pernyataan pendapat atau kerap disebut tesis. Pernyataan pendapat ini merupakan bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat penulis yang disebut juga dengan bagian pembuka.

Struktur selanjutnya adalah argumentasi yang merupakan bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

Dan terakhir adalah penegasan ulang pendapat yang merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat penulis.

Jenis Teks Eksposisi

Secara spesifik, teks eksposisi juga memiliki jenis-jenis yang berbeda. Tercatat ada delapan jenis yang sering ditemui dalam berbagai kesempatan. berikut diantaranya.

Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah contoh teks eksposisi yang digunakan dengan tujuan sebuah pelaporan. Secara lebih luas, jenis teks ini dituliskan untuk dapat menggambarkan suatu peristiwa dengan secara mendetail dan juga komprehensif.

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi merupakan salah satu contoh teks eksposisi yang mendefinisikan suatu hal. Jenis teks eksposisi ini isinya menjelaskan terkait sesuatu dengan cara membatasi sesuatu objek yang akan menjadi bahasan dalam tulisan tersebut. Tujuan dilakukannya yaitu agar sesuatu informasi yang disajikan tersebut menjadi berbeda dengan yang teks lainnya.

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah salah satu jenis teks eksposisi yang berisi tentang penggambaran terkait sesuatu dengan cara menerangkan pada bagian-bagian tertentu yangtelah disusun secara mendetail.

Selain itu, beberapa contoh teks eksposisi ilustrasi ini juga telah digunakan untuk menjelaskan terkait dua hal yang saling berhubungan erat, tetapi tidak memiliki sifat untukmembandingkan keduanya.

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses merupakan salah satu jenis teks eksposisi yang berisi tentang paparan sebuah langkah-langkah dari proses tertentu yang memiliki tujuan supaya sesuatu proses tersebut menjadi jelas serta mudah dipahami, dilakukan, dan juga dapat dipraktekkan.Dalam sebuah contoh teks eksposisi proses biasanya juga digunakan untuk menjelaskan terkait bagaimana cara membuat ataupun melakukan sesuatu.

Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klarifikasi adalah salah satu contoh teks eksposisi yang isi didalamnya tentang tulisan tentang paparan mengenai sesuatu yang sesuai dengan kelompok-kelompoknya. Tujuan dari pengelompokan ini dalam teks eksposisi klasifikasi yaitu untukmenjelaskan tiap kelompok hingga menjadi jelas serta dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah bagian dari jenis teks eksposisi yang isinyaterkait penjelasan tentang sesuatu, tetapi ditulis dengan cara membandingkan sesuatu yang pertama dengan sesuatu selanjutnya yang dinilai lebih mudah untuk dapat dimengerti ataupundipahami oleh pembaca. Teks eksposisi perbandingan tidak sama dan tidak dapat disamakandengan teks jenis analog.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan merupakan salah satu contoh teks eksposisi yang di dalamnya berisi pertentangan antara satu obyek dengan obyek yang lain yang sejenis. Biasanya dalamteks eksposisi pertentangan menggunakan frasa penghubung seperti meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya dan lain sebagainya.

Teks Eksposisi Analisis

Jenis teks eksposisi yang terakhir yaitu teks eksposisi analis. Dalam teks eksposisi analis berisi sebuah proses yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utamanya.

Masalah yang telah dipisahkan tersebut kemudian di olah kembali menjadi beberapa sub- bagian yang lebih kecil. Lalu dilakukan kembali pengembangan secara berurutan dari bagian- bagian kecil sebelumnya.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut merupakan contoh dari teks eksposisi secara umum:

Tesis:

Sejak zaman dulu , nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengansegala manfaatnya. Manfaat tumbuhan bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya digunakansebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Argumentasi:

Lidah buaya mempunyai ciri-ciri : daun berbentuk panjang, tebal, dan juga berwarna hijau.Daun lidah buaya mengandung serat bening sebagai daging.

Penegasan ulang:

Sudah jelas, lidah buaya diketahui tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut,tanaman lidah buaya justru sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyatatanaman ini sangat lengkap menyediakannya kebutuhan tubuh kita.

Demikianlah artikel tentang teks eksposisi yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment