Tips Belajar Bahasa Inggris Paling Mudah Buat Pemula

Pelajaran Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sering menjadi momok menakutkan bagi siswa di sekolah. Pasalnya jangankan belajar rumus dalam menyusun kalimat, bahkan untuk memahami kata per kata saja sudah menemui kesulitan. Oleh karenanya BelajarKeren.com kali ini ingin berbagi tips belajar Bahasa Inggris paling mudah buat pemula.

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang mempelajari tentang bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Sayangnya orang Indonesia masih menganggap bahasa ini sebagai bahasanya orang Inggris, bahasa asing, yang menjadi permakluman ketika para siswa di Indonesia kesulitan memahaminya.

Padahal jika sejak awal dipahami bahwa bahasa Inggris bukanlah semata-mata sebagai bahasa asing dan bahasa yang dimiliki orang Inggris, maka satu langkah dalam belajar bahasa Inggris bisa dijejaki. Lantas tips apa saja yang perlu dilakukan agar belajar bahasa Inggris bisa lebih mudah? Berikut daftarnya.

Memperbaiki Motivasi

Tips Belajar Bahasa Inggris

Tahukah kamu jika bahasa Inggris merupakan bahasa internasional? Bahasa yang akan menjadi sarana kamu berkomunikasi dengan berbagai kalangan. Kemampuan kamu dalam berkomunikasi dengan bahasa yang satu ini bakal memengaruhi karir kamu di masa yang akan datang.

Kamu tak perlu mengatakan bahwa karir kamu akan jadi ini dan itu dan hanya berkutat di dunia domsetik saja. Sehingga tak memerlukan bahasa Inggris. Padahal itu keliru. Sebab dengan adanya dunia digital saat ini, maka kamu akan mengalami disrupsi batas-batas lokal dan global.

Maka memperbaiki motivasi belajar bahasa Inggris agar nilainya baik, lebih banyak teman, dan disayang guru memang tidak salah, namun alangkah lebih baik agar apa yang kamu pelajari saat ini akan menolongmu di masa yang akan datang. Dan percayalah mata pelajaran yang satu ini akan banyak membantumu.

Memperbanyak Kosakata

Tips Belajar Bahasa Inggris

Ya, satu hal yang perlu dipersiapkan pertama kali dalam mempelajari bahasa Inggris adalah memperbanyak kosakata. Hal yang lumrah dalam belajar bahasa apapun dengan memperbanyak hafalan kosakata. Nah, soal bagaimana cara meghafal tentu saja kembali kepada trik masing-masing.

Ada yang bisa menghafal dengan memperbanyak notnon film dengan terjemahan. Kemudian ia mencocokkan kata yang diucapkan aktor/aktris dalam film tersebut dengan terjemahan yang tersedia. Dengan cara seperti ini ia telah belajar dua hal, yakni menghafal kosakata dan ejaan.

Ada juga yang sejak awal belajar sudah membeli kamus. Maka ia menghafal sehari sepuluh kata dari kamus tersebut. Meski sedikit, namun jika dihitung hingga setahun saja, maka sudah ada 3.650 kata yang sudah dihafalnya. Jumlah yang tentu saja masih sedikit untuk menguasai bahasa Inggris. Tapi tentu saja ini awal yang sangat baik.

Paham Cara Belajar Efektif

Tips Belajar Bahasa Inggris

Dalam perjalanannya, kamu mesti mengetahui dengan cara apa kamu efektif dan membahagiakan dalam belajar bahasa Inggris. Ada kalanya seseorang efektif belajar bahasa Inggris ketika mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, ada juga lewat film, ada lagi dengan bertemu langsung dengan native speaker. Macam-macam.

Dari sekian banyak metode belajar tersebut, silakan gali sebaik mungkin cara yang mana yang akan membuat kemampuan bahasa Inggris kamu meningkat dengan pesat.

Membuat Komunitas Belajar

Tips Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris bukan hanya sebuah pelajaran semata. Pelajaran yang satu ini merupakan sebuah alat komunikasi. Selayaknya belajar dalam menggunakan alat komunikasi, maka ia harus dipergunakan. Cara menggunakannya tentu saja dengan mempraktekkannya dalam berbicara sehari-hari.

Salah satu kesulitan belajar di sekolah itu jarang ditemukan adanya English Club, dimana kamu bisa mempraktekkan bahasa Inggris yang sudah dipelajari. English Club tentu sangat membantu. Sebab disinilah para siswa bisa mempraktekkan bahasa Inggris dengan komunikatif.

Kalau kamu tak memiliki English Club di sekolah, kamu bisa membentuknya sendiri. Bahkan di internet sudah banyak komunitas semacam ini. Pintar-pintar kamu saja dalam memilahnya. Kalau dirasa komunitas tersebut tidak membuatmu berkembang, kamu harus secepat mungkin mencari komunitas yang lain.

Rutin Menentukan Tingkat Belajar

Tips Belajar Bahasa Inggris

Tips belajar bahasa Inggris yang ingin BelajarKeren sampaikan adalah rutin menentukan tingkat belajar.

Semua pemula bakal dimasukan ke level novice, pemula, atau apapun saja istilahnya. Namun seiring berjalannya waktu, kamu mesti rajin dalam menentukan tingkat belajar dalam bahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar kamu harus tahu lebih memahami apa yang bakal dipelajari lagi dalam belajar bahasa Inggris.

Hal ini memang bisa dilakukan jika kamu mengikuti tes di lembaga belajar yang tersertifikasi. Kamu bisa mengikuti kursus persiapan atau semacamnya untuk mengikuti tes semacam ini. Atau secara spontanitas kamu bisa langsung mengikuti tesnya untuk mengukur sejauh mana kemampuanmu.

Ya, tes ini memang berbiaya. Kamu bisa memilih berbagai tes yang ada di dunia akademik maupun profesional. Ada tes TOEIC, TOEFL, IELTS, dan semacamnya.

Penutup

Demikianlah tips belajar bahasa Inggris bagi pemula yang mesti diketahui. Kamu mungkin memiliki tips lain yang lain berdasarkan pengalaman. Jika begitu, yuk dibagi di kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Comment